Langsung ke konten utama

Night Routines for Better Sleep: Enak Tidur, Enak pula bangunnya

Di zaman yang kecanduan internet seperti sekarang ini, tidur menjadi sesuatu yang terlupakan. Padahal tidur itu penting banget bagi tubuh, bukan hanya untuk mengistirahatkan otot-otot kita tapi juga mampu menyegarkan kepala kita. Apalagi kalau sampai internet-an sampai seharian suntuk. Aku punya teman cowok yang kerjanya online doank, dan parahnya lagi online Cuma untuk main game hadeuh .. bikin sakit mata dan kepala yang ada seharian menatap layar komputer atau layar ponsel kita. Kadang ketika saya tanya, mereka jawabnya gak bisa tidur. Insomia kalau gak salah sebutannya ...

Beruntunglah bagi sebagian orang, yang dapat tidur dengan nyenyak tanpa terganggu oleh kondisi maupun keadaan. Tapi sungguh tidak beruntung bagi orang yang memiliki masalah dengan tidurnya. Aku sendiri sich tipe orang yang gampang-gampang susah tidurnya. Kadang bisa tidur dalam hitungan detik —ingat ya detik, bukan hitungan menit haha— kadang malah bisa gak tidur semalaman. Nah itu kejadian pas lagi sibuk-sibuknya kuliah yang ribet dengan tugas-tugas laporan dan makalah.

Paling jengkelin adalah ketika esok harinya ada hari penting, misalnya kuis/ujian pas malamnya itu lah saya mendadak susah tidur. Mungkin efek tegang kali yah makanya matanya melek terus. Tapi kalau aku gak tidur, bagaimana bisa aku menyelesaikan kuis/ujian dengan baik. Bisa-bisa malah ngantuk di dalam kelas. Mau gak mau, saya putar otak untuk mencari cara agar gampang tidur di malam harinya.Selain kuiz/ujian, ada beberapa alasan aku gak bisa tidur. Itu gak tau kenapa, entah karena kebanyakan tidur siang atau mata aja yang gak mau merem .

Tapi aku udah punya tips agar aku bisa tidur dengan nyenyak, dan semoga aja tips ini bermanfaat buat yang baca ^^

1.      Nah susah tidur —dalam kasusku— kan karena aku tegang mau ujian, biasanya aku mencoba membuat diriku sendiri santai. Biasanya yang paling ampuh itu baca buku yang paling GAK aku suka. Biasanya aku pinjam buku ayah ku yang berisi peraturan-peraturan di tentara. (Ayahku seorang TNI-AD). Kenapa? Kalau aku baca bahan-bahan untuk ujian, yang ada aku malah tegang dan makin gak bisa tidur. Atau kalau aku baca novel/komik kesukaanku, mata malah makin bandel. Karena otak nyuruh buat lanjutin baca sampai selesai. Lebih parah kan.... Makanya aku mempersiapkan diri untuk ujian ketika aku benar-benar dalam keadaan segar. Seperti sore hari setelah mandi atau ketika menjelang malam.

2.      Jangan main ponsel. Gak usah di jelasin panjang lebar bakal tau dech kenapa ponsel di larang keras buat orang yang susah tidur. Karena cahaya ponsel itu terlalu memaksa mata buat bekerja keras, yang ada malah sakit. Dan ponsel itu bikin mata betah melek sepanjang malam. Mending ambil ponsel, matikan mobile data-nya dan dengerin mp3. Emang sich dengerin mp3 gak bagus juga, karena sebenarnya dengerin lagu pas tidur gak membuat seseorang itu benar-benar tidur. Karena otak kita bekerja ketika lagu di putar. Tapi kalau pribadi aku sich lebih enak dengerin mp3 sebelum tidur. Asal jangan musik rock, yang ada malah bangun pagi dengen rambut berdiri ala anak punk

3.      Tidur bareng kucing. Aku punya kucing gendut bewarna kuning. Biasanya kalau susah tidur aku bawa dia untuk tidur di sebelahku. Eh bukannya aku yang tidur, malah si kucing yang tidur. Mendengkur pula tidurnya .... Tapi disitulah bagusnya, dengerin dengkur kucing bisa bikin aku ngantuk. Bulunya yang halus enak banget buat di usap-usap dan lama-lama aku pasti ketiduran.

4.      Lingkungan ku itu Allhamdullah bersih. Jadi kalau susah tidur gara-gara nyamuk aku jarang ngalamin. Cuma sekali-kali pas di musim tertentu, misalnya musim kemarau, nyamuk pada keluar entah darimana. Aku antisipasi pakai Baygon elektrik. Aku hidupkan pas magrib, jadi pas aku mau tidur nyamuknya udah pada hilang. Nyaman denh bobo nya keke~

5.      Matikan lampu saat tidur. Ini bukan sembarang tips lho, karena Rasullullah pun menyarankan agar tidur di malam hari dengan kondisi gelap. Karena manfaatnya itu besar banget. Karena pas gelap, tubuh kita memproduksi semacam hormon melatonin. Hormon ini bagus buat kesehatan. Efeknya bisa kita rasakan pas bangun pagi. Wajib coba, karena ini anjuran Rasul juga Lho hihi ....
 Aku udah bagi tips tidur enak ala Aku ...

aku siapa? Ya aku lah .... baca profil kalau mau tau hehe Kidding ^^

Nah aku kali ini mau bagi tips lain buat tambahan biar tidur enak. Ini khusus banget yang susah tidur gara-gara nyamuk ya, coba dch pake Baygon Liquid Elektrik. Ampuh banget, serius ....

Selain baunya yang gak bikin sesak, nyamuknya juga hilang lang lang dari muka bumi xixixi alay banget. Tapi efeknya gak alay kok ... Kalau gak percaya coba aja. Nah biar lebih mantap, tonton dulu video pendeknya. Jamin gak nyesal buat nontonnya .....





 Selamat mencoba tips ala Aku ...Aku siapa?Baca profil keke~ Kidding lagi ....

Kalau berhasil, tinggalkan jejak mu di kolom komentar. Kan aku pengen tau juga siapa yang berhasil menerapkan tips ini.

See you di postingan selanjutnya ^^

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[SINOPSIS] Spring In London - Ilana Tan

Judul : Spring In London Pengarang : Ilana Tan Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Jumlah Halaman : 238 halaman  Cetakan : kesepuluh Agustus 2011 Naomi menelan ludah dengan susah payah. Air mata mulai membayang dimatanya.  “Sekarang kau tidak akan bisa lagi memandang ku tanpa memikirkan apa yang pernah terjadi antara aku dan kakakmu.” “Tidak ... itu tidak benar.” “Dan aku tidak bisa memandangmu tanpa teringat pada kakakmu dan apa yang pernah dilakukannya padaku.” Kata-kata yang diucapkan dengan tajam dan jelas itu menghujam jantung Danny. Dadanya terasa sakit dan sekujur tubuhnya lumpuh. Ia menantap Naomi tanpa berkedip, tanpa bernapas. Ia membuka mulut, namun tidak ada suara yang keluar. Naomi Ishida adalah gadis keturunan Indonesia – Jepang, dan dia merupakan saudara kembar Keiko Ishida (baca Winter in Tokyo). Berbeda dengan Keiko, Naomi memilih karir sebagai seorang model dan menetap di London. Karirnya sebagai model sangat sukses sehingga setiap pemotret

[SINOPSIS] Detektif Conan 70

Dapat juga komik kesukaanku ini di toko buku, padahal jatah terbitnya itu tanggal 30 november kemarin, tapi di toko buku Banda Aceh baru adanya sekarang. Tapi peduli amat lah, amat aja gk begitu peduli, nah Lho ...!!?? Tapi whatever lah, yang pasti komik ini udah ada ditangan, jadi kenapa harus pusing (^0^). Dan seperti biasa aku juga mau ngeringkas sedikit isi komik  Detektif Conan 70, check it out >>>

Book Review: Damn! It's You - Pelangi Tri Saki

Semua Orang Punya Masalah, Tapi Tidak Semua Orang Mampu Menyelesaikannya Judul Buku: Damn! It’s You! Penulis: Pelangi Tri Saki Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama Cetakan ke-1: Januari 2017 Tebal: 232 halaman ISBN: 978-602-03-3661-9 Tidak dipungkiri, banyak sekali penulis-penulis muda yang terlahir dari akun kepenulisan, wattpad. Salah satunya adalah karya pertama Pelangi Tri Saki diterbitkan Gramedia dengan judul Damn! It’s You yang merupakan seri kedua ‘You’. Tulisan yang khas remaja dan banyak menyelipkan percakapan lucu khas anak-anak SMA membuat karyanya banyak dikenal. Setelah sukses dengan seri pertama Hey! You! Diharapkan novel kedua ini akan mengikuti jejak terdahulunya. Dengan mengambil kehidupan SMA, Saki mengajak pembaca untuk mengenal pasangan lucu yang kelakukannya berhasil mengocok perut pembaca. Nigi, seorang cewek yang terkesan tomboy dan cerewet tidak sengaja bertemu dengan Saba, cowok dengan muka datar tanpa ekspresi sama sekali. Diperpa