Langsung ke konten utama

Pengalaman Tak Terlupakan Saat Hamil


Aku menikah saat baru berusia 23 tahun, dan rencana awalnya adalah aku menunda hamil untuk mencari pekerjaan. Karena aku di lamar setelah lulus kuliah. Suami sebenarnya mendukung banget rencanaku, sekalian mempersiapkan diri menjadi ibu dan ayah yang baik. Maklum usia kami sebenarnya masih muda —itu menurutku— takut kami belum mampu mengurus bayi.

Rezeki emang tidak kemana.

Karena dua bulan setelah aku menikah, aku dinyatakan hamil oleh dokter. Kaget. Kaget sekali malah. Karena hamil di luar rencana awal kami.


Panik

Jujur aja panik. Aku yang notabene anak bungsu, artinya aku gak pernah ngerasain menjaga anak kecil, bahkan untuk gendong anak kecil aja aku takut. Hal pertama yang  aku lakukan adalah langsung kasih tau mama dan papa, alhasil mereka khawatir. Jauh di luar dugaan ku. Alasan mereka khawatir sebenarnya melihat apakah aku sudah mampu menjadi ibu. Lalu mama ambil keputusan agar aku tinggal bersama mereka.

Oke, aku terima. Aku juga gak tau bagaimana hamil atau bagaimana sifat-sifat ibu hamil. Terlepas hanya membaca dari buku dan melihat televisi, pasti berbeda dengan kenyataannya, bukan? Dan semenjak itu aku mulai tinggal bersama mama.

Bulan pertama dan kedua aku mulai ngerasain efek dari hamil itu. Selera makan hilang sama sekali, tapi perut lapar melilit. Akhirnya maksain diri buat makan. Eh setelah makan bukannya lebih baik, malah aku muntah. Semua makanan yang aku makan tadi pagi keluar. Akhirnya perut berakhir dengan lapar lagi dan nafsu makan pun ikut menghilang. Si mama asik ngomel-ngomel suruh makan, dan akhirnya aku makan juga. Tapi sedikit ....

Bulan ketiga dan keempat, gak lebih baik dari bulan sebelumnya. Tekanan darah turun, berat badan malah turun, morning sickness yang makin parah dan nafsu makan yang masih tetap hilang. Di bulan ini rasa mualnya makin parah, setiap kali aku muntah rasanya ulu hati sakit banget. Kayak di tusuk-tusuk jarum. Sempat konsultasi ke dokter katanya itu wajar. Selama penyebabnya bukan mag, dokter bilang gak apa-apa. Cuma di beri obat dan vitamin.

Bulan kelima dan keenam, ini yang LUAR BIASA banget. Segalanya luar biasa, berat badanku naik drastis, nafsu makan juga gila-gilaan, dan perut juga mulai membesar. Selama hamil aku suka bisa menghabiskan dua atau tiga porsi makanan orang dewasa. Itu pun kadang-kadang masih suka lapar. Paling berkesan itu ketika aku makan durian dua buah sendiri aja. Mitos kan bilang kalau ibu hamil gak boleh makan durian, nah aku sempat ngehabisin dua buah durian seorang diri. Pas mama liat, ya ampun muka mama rasanya mau pingsan.

Selain itu perubahan fisik yang aku rasakan ketika hamil adalah kulit wajahku lebih halus dan jerawat yang biasanya membandel, musnah dari wajahku. Awesome banget kan, haha .... ngerasa cantik dech pas  hamil. Mana suami makin sayang, tapi mama makin eksis aja mengomel kalau aku suka asal-asal-an. Maklum dech, cucu pertama Mama. Pasti mama gak mau kenapa-kenapa sama si bayi.

Bulan ketujuh dan kedelapan. Jenis kelamin udah di cek, dan perlengkapan bayi juga udah di beli. Tendangan si bayi makin kencang dan sekali-kali aku ngerasain dia cegukan. Eh ntah benar cegukan, aku gak yakin pertama kalinya. Lalu aku konsultasi ke dokter dan dia mengatakan wajar. Allhamdllah kalau begitu, pikirku saat itu. Aku gak peduli dengan berat badan yang makin naik. Padahal waktu masih sekolah atau kuliah dulu, naik sekilo aja aku udah uring-uringan kayak orang gila. Target harus diet dan diet. Tapi selama kehamilan gak pernah aku pengen diet, justru aku menikmatinya.

Bulan kesembilan, bayiku di lahirkan. Bayi berjenis kelamin laki-laki itu aku beri nama Muhammad Zayan Fahlevi, artinya anak lelaki yang tampan dan cerdik. Berat 3,3 kg dan panjang 47 cm. Aku lupa rasanya bagaimana melahirkan, karena ketika melihat wajah kecilnya yang menyentuh hidungku, aku melupakan semua rasa sakit yang aku derita. Ah rasanya aku ingin kembali ke masa itu dan melihat diriku sendiri yang sedang melahirkan. Aku ingin ikut berteriak kencang bersama tangisan bayiku. Ikut merayakan kelahirannya di dunia.

Sekarang bayiku sudah berumur 6 bulan. Senang rasanya menjadi ibu. Pengalaman hamil beberapa bulan yang lalu kadang suka bikin kangen. Kangen mengusap perut buncitku ketika bayi nendang-nendang. Suka ngomong sendiri dengan perut, suka nyanyi sendiri walaupun gak pintar nyanyi. Semua berubah ....

Aku ikut berubah seiring dengan kehamilan itu. Tidak ada lagi gadis yang berusia 23 tahun, tidak ada gadis manja lagi, dan tidak ada lagi gadis yang suka merengek kepada orang tuanya.

Tapi aku ingin berubah menjadi ibu. Ibu yang bisa menuntun anaknya agar bisa menikmati dunia dengan sikap akhlak yang santun. Menjadi ibu yang sabar dan menjadi ibu sekaligus teman bagi putra kecilnya.

Komentar

  1. aku juga ingin cepat hamil.. semoga saya bisa menyusul seperti bunda.. salam kenal

    BalasHapus
  2. Sebuah pengalaman yang sangat berharga, tips pengalaman kehamilan yang bunda paparkan diatas sangat bagus dan layak di praktekkan bagi ibu-ibu yang sedang hamil.
    Memang trimester pertama kehamilan adalah masa-masa yang paling rentan bagi ibu hamil muda. Sebaiknya bunda rajin-rajin mempraktekan pola hidup sehat diantaranya dengan selalu mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil muda supaya bunda mudah menjalani masa kehamilannya dan tentunya anak dapat lahir dengan sehat dan cerdas.

    Satu lagi bund, bagi yang masih dalam program kehamilan dan ingin segera memperoleh keturunan coba bunda baca artikel 7 Vitamin penyubur kandungan agar cepat hamil, semoga dapat membantu.
    Terimakasih informasinya bund. Salam kenal.

    BalasHapus
  3. Wow amankah konsumsi dua buah durian??

    Aku masih dag dug dug dg mitos durian mom

    BalasHapus
  4. Aku lg hamil kedua. Selama trimester kedua ini beneran ngalamin rejeki durian runtuh. Pas lg musim durian, tp g pernah beli durian. Karena selalu d kasih orang. Selama trimester kedua ini udah dikasih durian 4 buah. Walaupun aq suka banget durian tp selama hamil, meskipun trimester kedua which is lebih kuat kehamilannya, aq tetep g berani makan banyak2. Paling sehari 3-4 biji. Tiap hari selama 4 harian. Yg doyan cuma aq dan suami. Anakku nggak.

    So, ngabisin dua buah durian sendirian sekali duduk pas hamil itu gila sih. Nekat banget. Tp untungnya alhamdulillah gapapa. Beruntung itu kehamilannya kuat.

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan kesanmu ketika berkunjung

Postingan populer dari blog ini

[SINOPSIS] Spring In London - Ilana Tan

Judul : Spring In London Pengarang : Ilana Tan Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Jumlah Halaman : 238 halaman  Cetakan : kesepuluh Agustus 2011 Naomi menelan ludah dengan susah payah. Air mata mulai membayang dimatanya.  “Sekarang kau tidak akan bisa lagi memandang ku tanpa memikirkan apa yang pernah terjadi antara aku dan kakakmu.” “Tidak ... itu tidak benar.” “Dan aku tidak bisa memandangmu tanpa teringat pada kakakmu dan apa yang pernah dilakukannya padaku.” Kata-kata yang diucapkan dengan tajam dan jelas itu menghujam jantung Danny. Dadanya terasa sakit dan sekujur tubuhnya lumpuh. Ia menantap Naomi tanpa berkedip, tanpa bernapas. Ia membuka mulut, namun tidak ada suara yang keluar. Naomi Ishida adalah gadis keturunan Indonesia – Jepang, dan dia merupakan saudara kembar Keiko Ishida (baca Winter in Tokyo). Berbeda dengan Keiko, Naomi memilih karir sebagai seorang model dan menetap di London. Karirnya sebagai model sangat sukses sehingga setiap pemotret

[SINOPSIS] Detektif Conan 70

Dapat juga komik kesukaanku ini di toko buku, padahal jatah terbitnya itu tanggal 30 november kemarin, tapi di toko buku Banda Aceh baru adanya sekarang. Tapi peduli amat lah, amat aja gk begitu peduli, nah Lho ...!!?? Tapi whatever lah, yang pasti komik ini udah ada ditangan, jadi kenapa harus pusing (^0^). Dan seperti biasa aku juga mau ngeringkas sedikit isi komik  Detektif Conan 70, check it out >>>

Book Review: Damn! It's You - Pelangi Tri Saki

Semua Orang Punya Masalah, Tapi Tidak Semua Orang Mampu Menyelesaikannya Judul Buku: Damn! It’s You! Penulis: Pelangi Tri Saki Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama Cetakan ke-1: Januari 2017 Tebal: 232 halaman ISBN: 978-602-03-3661-9 Tidak dipungkiri, banyak sekali penulis-penulis muda yang terlahir dari akun kepenulisan, wattpad. Salah satunya adalah karya pertama Pelangi Tri Saki diterbitkan Gramedia dengan judul Damn! It’s You yang merupakan seri kedua ‘You’. Tulisan yang khas remaja dan banyak menyelipkan percakapan lucu khas anak-anak SMA membuat karyanya banyak dikenal. Setelah sukses dengan seri pertama Hey! You! Diharapkan novel kedua ini akan mengikuti jejak terdahulunya. Dengan mengambil kehidupan SMA, Saki mengajak pembaca untuk mengenal pasangan lucu yang kelakukannya berhasil mengocok perut pembaca. Nigi, seorang cewek yang terkesan tomboy dan cerewet tidak sengaja bertemu dengan Saba, cowok dengan muka datar tanpa ekspresi sama sekali. Diperpa