Langsung ke konten utama

Pengalaman Tak Terlupakan Saat Hamil


Aku menikah saat baru berusia 23 tahun, dan rencana awalnya adalah aku menunda hamil untuk mencari pekerjaan. Karena aku di lamar setelah lulus kuliah. Suami sebenarnya mendukung banget rencanaku, sekalian mempersiapkan diri menjadi ibu dan ayah yang baik. Maklum usia kami sebenarnya masih muda —itu menurutku— takut kami belum mampu mengurus bayi.

Rezeki emang tidak kemana.

Karena dua bulan setelah aku menikah, aku dinyatakan hamil oleh dokter. Kaget. Kaget sekali malah. Karena hamil di luar rencana awal kami.


Panik

Jujur aja panik. Aku yang notabene anak bungsu, artinya aku gak pernah ngerasain menjaga anak kecil, bahkan untuk gendong anak kecil aja aku takut. Hal pertama yang  aku lakukan adalah langsung kasih tau mama dan papa, alhasil mereka khawatir. Jauh di luar dugaan ku. Alasan mereka khawatir sebenarnya melihat apakah aku sudah mampu menjadi ibu. Lalu mama ambil keputusan agar aku tinggal bersama mereka.

Oke, aku terima. Aku juga gak tau bagaimana hamil atau bagaimana sifat-sifat ibu hamil. Terlepas hanya membaca dari buku dan melihat televisi, pasti berbeda dengan kenyataannya, bukan? Dan semenjak itu aku mulai tinggal bersama mama.

Bulan pertama dan kedua aku mulai ngerasain efek dari hamil itu. Selera makan hilang sama sekali, tapi perut lapar melilit. Akhirnya maksain diri buat makan. Eh setelah makan bukannya lebih baik, malah aku muntah. Semua makanan yang aku makan tadi pagi keluar. Akhirnya perut berakhir dengan lapar lagi dan nafsu makan pun ikut menghilang. Si mama asik ngomel-ngomel suruh makan, dan akhirnya aku makan juga. Tapi sedikit ....

Bulan ketiga dan keempat, gak lebih baik dari bulan sebelumnya. Tekanan darah turun, berat badan malah turun, morning sickness yang makin parah dan nafsu makan yang masih tetap hilang. Di bulan ini rasa mualnya makin parah, setiap kali aku muntah rasanya ulu hati sakit banget. Kayak di tusuk-tusuk jarum. Sempat konsultasi ke dokter katanya itu wajar. Selama penyebabnya bukan mag, dokter bilang gak apa-apa. Cuma di beri obat dan vitamin.

Bulan kelima dan keenam, ini yang LUAR BIASA banget. Segalanya luar biasa, berat badanku naik drastis, nafsu makan juga gila-gilaan, dan perut juga mulai membesar. Selama hamil aku suka bisa menghabiskan dua atau tiga porsi makanan orang dewasa. Itu pun kadang-kadang masih suka lapar. Paling berkesan itu ketika aku makan durian dua buah sendiri aja. Mitos kan bilang kalau ibu hamil gak boleh makan durian, nah aku sempat ngehabisin dua buah durian seorang diri. Pas mama liat, ya ampun muka mama rasanya mau pingsan.

Selain itu perubahan fisik yang aku rasakan ketika hamil adalah kulit wajahku lebih halus dan jerawat yang biasanya membandel, musnah dari wajahku. Awesome banget kan, haha .... ngerasa cantik dech pas  hamil. Mana suami makin sayang, tapi mama makin eksis aja mengomel kalau aku suka asal-asal-an. Maklum dech, cucu pertama Mama. Pasti mama gak mau kenapa-kenapa sama si bayi.

Bulan ketujuh dan kedelapan. Jenis kelamin udah di cek, dan perlengkapan bayi juga udah di beli. Tendangan si bayi makin kencang dan sekali-kali aku ngerasain dia cegukan. Eh ntah benar cegukan, aku gak yakin pertama kalinya. Lalu aku konsultasi ke dokter dan dia mengatakan wajar. Allhamdllah kalau begitu, pikirku saat itu. Aku gak peduli dengan berat badan yang makin naik. Padahal waktu masih sekolah atau kuliah dulu, naik sekilo aja aku udah uring-uringan kayak orang gila. Target harus diet dan diet. Tapi selama kehamilan gak pernah aku pengen diet, justru aku menikmatinya.

Bulan kesembilan, bayiku di lahirkan. Bayi berjenis kelamin laki-laki itu aku beri nama Muhammad Zayan Fahlevi, artinya anak lelaki yang tampan dan cerdik. Berat 3,3 kg dan panjang 47 cm. Aku lupa rasanya bagaimana melahirkan, karena ketika melihat wajah kecilnya yang menyentuh hidungku, aku melupakan semua rasa sakit yang aku derita. Ah rasanya aku ingin kembali ke masa itu dan melihat diriku sendiri yang sedang melahirkan. Aku ingin ikut berteriak kencang bersama tangisan bayiku. Ikut merayakan kelahirannya di dunia.

Sekarang bayiku sudah berumur 6 bulan. Senang rasanya menjadi ibu. Pengalaman hamil beberapa bulan yang lalu kadang suka bikin kangen. Kangen mengusap perut buncitku ketika bayi nendang-nendang. Suka ngomong sendiri dengan perut, suka nyanyi sendiri walaupun gak pintar nyanyi. Semua berubah ....

Aku ikut berubah seiring dengan kehamilan itu. Tidak ada lagi gadis yang berusia 23 tahun, tidak ada gadis manja lagi, dan tidak ada lagi gadis yang suka merengek kepada orang tuanya.

Tapi aku ingin berubah menjadi ibu. Ibu yang bisa menuntun anaknya agar bisa menikmati dunia dengan sikap akhlak yang santun. Menjadi ibu yang sabar dan menjadi ibu sekaligus teman bagi putra kecilnya.

Komentar

  1. aku juga ingin cepat hamil.. semoga saya bisa menyusul seperti bunda.. salam kenal

    BalasHapus
  2. Sebuah pengalaman yang sangat berharga, tips pengalaman kehamilan yang bunda paparkan diatas sangat bagus dan layak di praktekkan bagi ibu-ibu yang sedang hamil.
    Memang trimester pertama kehamilan adalah masa-masa yang paling rentan bagi ibu hamil muda. Sebaiknya bunda rajin-rajin mempraktekan pola hidup sehat diantaranya dengan selalu mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil muda supaya bunda mudah menjalani masa kehamilannya dan tentunya anak dapat lahir dengan sehat dan cerdas.

    Satu lagi bund, bagi yang masih dalam program kehamilan dan ingin segera memperoleh keturunan coba bunda baca artikel 7 Vitamin penyubur kandungan agar cepat hamil, semoga dapat membantu.
    Terimakasih informasinya bund. Salam kenal.

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan kesanmu ketika berkunjung

Postingan populer dari blog ini

[Review Skincare] Olay® White Radiance Night Whitening Cream

Untuk kulit tampak cerah dengan Olay® White RadianceTM Night Whitening Cream Membantu kulit perlahan-lahan tampak bersinar dengan 3 langkah: Merawat – Vitamin B3 memberi energi sel bagi kulit untuk membantu proses peremajaan kulit. Mencerahkan – Olay Whitening complex (Vitamin B3, Mulberry Extracts, Vitamin C) menyamarkan noda dan meratakan warna kulit saat Anda tidur. Menutrisi – Bermacam vitamin dan campuran bahan pelembab yang efesien untuk memperoleh tekstur yang terasa lebih lembut, tampak bersih bercahaya dan berseri-seri
Review
Aku sudah menggunakan produk Olay yang Night Cream 2x, dalam rentang waktu sekitar setengah tahun. Dan review ini saya buat setelah pesanan Olayku yang ke-2nyampe beberapa hari yang lalu. Setelah melihat hasilnya aku pengen berbagi cerita tentang produk satu ini.
Produk ini adalah rangkaian dari cream cleanser yang pernah aku review: Olay® White Radiance Cream Cleanser
Mulai dari efeknya dulu ya.
Setelah pemakaian setengah tahun, nampak perubahan signifikan sam…

[Review Skincare] Krem Masker Bengkoang Mustika Ratu

KREM MASKER Bengkoang Bengkoang roots mask Membantu Kulit Tampak Cerah & Menyamarkan Noda Ekstrak umbi bengkoang, Akar Manis dan derivate Vitamin C dalam kandungan masker Bengkoang membantu kulit wajah menjadi terasa kencang, lebih lembut, lebih cerah dan menyamarkan noda hitam. ***
Annyeong!
Balik lagi dengan postingan masker. Aku sempat berhenti posting tentang masker yang aku pakai karena aku lagi betah pakai masker ovale bengkoang merek ovale, dan pernah aku review (baca disini). Pas banget stok masker di rumah udah menipis, akhirnya aku coba belanja di swalayan tempat dimana biasa aku beli masker.
Eh ternyata habis.
Dan penyakit malasku kumat. Yakni malas banget keliling-keliling swalayan Cuma demi cari sebungkus masker. Alhasil pas singgah di Indomaret, aku lihat masker bentuk pasta yang dikemas dalam bentuk tube.
Aku gak banyak mikir lagi pas ngelihat masker ini. Alasan pertama sih karena mereknya itu Mustika Ratu. Siapa coba yang gak kenal merek ini? Dari aku belum lahir, kaya…

[Review Skincare] Latulip Acne Total Care Lotion (Series for Acne Prone Skine)

Lotion khusus untuk perawatan kulit berjerawat. Mengandung bahan bio-aktif Terinen-4-ol yang berfungsi sebagai anti-mikroba, Sulfur yang berfungsi sebagai antiseptik ringan, dan Salicylic Acid yang berfungsi sebagai keratolitik. Oleskan secara tipis dan merata pada seluruh kulit wajah. Hindarkan pemakaian pada sekitar mata dan mulut. Sebaiknya dipakai dua jam sebelum tidur malam dan biarkan sampai esok hari. Kocok dahulu sebelum dipakai.
Sebenarnya aku udah lama banget pake produk ini. Sekitar 4 tahunan, mungkin ini tahun kelima aku betah pakai produk ini. Dan awal perkenalan dengan produk ini ketika aku benar-benar putus asa melihat kulit wajahku yang rusak karena jerawat meradang.
Aku gak main-main ketika mengatakan wajahku mengerikan sekali saat itu. Jerawat yang tumbuh di pipi membuat aku kehilangan percaya diri. Untuk menatap lawan bicaraku saja, aku gak berani. Aku bahkan gak berani memposting foto yang sempat aku ambil bersama teman-temanku. Hanya berani menyimpan dalam folder di…