Langsung ke konten utama

Kekuatan Ibu ketika Bekerja dari Rumah




Bekerja dari rumah bukan cita-citaku dari kecil. Aku memimpikan menjadi wanita karir, duduk di depan komputer dan menyisihkan sebagian pendapatan yang aku peroleh untuk membawa kedua orangtuaku ke tanah suci, Mekkah. Tapi disinilah aku. Bekerja dari rumah di tengah-tengah tumpukan kain flanel mengerjakan souvenir pernikahan yang telah di order oleh salah seorang pelangganku.

Alasan aku tidak menjadi wanita karir adalah ketika aku(baru) lulus kuliah, aku langsung menikah. Mulanya aku bingung menentukan menikah atau tidak, karena menikah berarti aku menghilangkan kesempatan untuk menjadi wanita karir kantoran, di sisi lain menikah adalah caraku mendapat pahala lebih banyak. Sehingga akhirnya aku putuskan menikah di usia 23 tahun.

Dugaanku benar. Ketika aku memutuskan menikah, seolah-olah lowongan pekerjaan yang aku ikuti pun tertutup rapat. Nilai akademisku bagus, aku juga aktif organisasi ketika kuliah, tapi tidak satupun perusahaan yang mau menerima aku. Jangankan untuk diterima, panggilan interview pun tidak pernah aku dapatkan.


Dan kehidupan makin sulit. Harga-harga barang melambung tinggi, membuat urat leherku tercekik. Aku tetap berusaha mencari pekerjaan, melempar lamaran sana-sini, tapi hasilnya nihil. Hingga saat ini tidak satupun panggilan aku dapatkan.

Setahun yang lalu, tepatnya tahun 2014, aku berkenalan dengan flanel. Aku iseng mengintip aplikasi pintersest di smartphone sahabatku, dan aku tertarik dengan souvenir cantik yang berbahan flanel. Aku menjelajah internet mencari tahu tentang flanel dan mulai mempraktekannya sendiri.

Hasilnya bagus dan memuaskan. Aku tawarkan ke media sosial dan ada orang yang siap menampung hasil karyaku. Mulai dari situ pesanan mengalir, dan aku mulai kewalahan mengatasinya. Aku bahagia karena bisa bekerja di rumah dan menghasilkan uang, setidaknya untuk uang make up aku tidak perlu menadahkan tangan di hadapan suami. Selain itu aku lebih punya banyak waktu bersama anakku yang baru berusia 7 bulan. Memberinya asi ekslusif dan bermain bersamanya disela-sela menjahit kain flanel.

Tidak selalu aku rasakan enak bekerja di rumah. Justru lebih sulit dari yang aku bayangkan, karena otomatis pikiranku harus terbagi untuk beberapa jenis pekerjaan. Pertama, mengurus suami tentunya. Kedua mengurus si kecil, itu pun kalau dia tidak tidur, aku tidak bisa melanjutkan pekerjaan yang lain. Ketiga, membereskan pekerjaan rumah seperti masak, mencuci, dan menyentrika. Keempat, jahitan orderan flanel.

Kalau di bilang enak kerja dari rumah, aku setuju banget. Karena waktu kebersamaan anak itu tidak akan pernah bisa diputar kembali. Apalagi anak lagi masa-masa ingin nempel sama ibunya, moment seperti ini mahal sekali. Aku yang punya hobi membaca pun bisa melanjutkan hobiku itu di sela-sela waktu istirahat. Biasanya aku membaca buku sekitar satu jam sampai akhirnya tertidur. Atau mengisi blog dengan cerita-ceritaku.

Tapi kalau sudah bicara tidak enaknya, aku bisa merinci setiap hal yang membuat aku lelah memikirkannya. Seperti yang telah aku jelaskan di atas, flanel adalah sumber penghasilanku saat ini. Seharusnya aku bisa meluangkan banyak waktu untuk mengejar batas deadline yang diberikan konsumen. Aku memprioritaskan flanel di urutan keempat. Dan itu membuat aku tidak punya cukup waktu untuk menyelesaikannya. Dan aku sampai begadang demi mengerjakan orderan.

Pernah suatu ketika yang bikin aku sedih. Ada pelanggan yang minta dibuatkan souvenir untuk acara ulang tahun anaknya. Peraturan yang aku buat jelas sekali, permintaan mendadak tidak akan dilayani, tapi karena konsumennya maksa-maksa terus, akhirnya aku mengalah. Dan dalam tempo 2 minggu aku harus selesaikan 4 lusin souvenir.

Sebenarnya jumlah itu masih sedikit, apabila aku fokus mengerjakaannya, yang artinya, pekerjaan lain aku abaikan. Tapi status ibu rumah tangga membuat pekerjaan itu terasa berat. Akhirnya dengan memaksa tubuh sendiri untuk bekerja extra aku bisa menyelesaikannya. Saat aku menghubungi konsumen tersebut, dia membatalkannya secara sepihak.

Itu salah satu pengalaman tidak menyenangkan ketika bekerja dari rumah. Mulai dari hari itu aku menerapkan dengan tegas tidak melayani orderan mendadak dan wajib DP 50% agar kejadian menyakitkan di atas tidak terjadi lagi. Konsekuensinya, pelangganku komplain. Tapi ada yang tetap bertahan hingga kini.

Dalam situasi seperti ini, saya melihat buku Sukses Bekerja Dari Rumah yang ditulis oleh Brilyantini muncul di timeline twitter saya. 



Iseng cari tahu dengan membaca review buku tersebut. Berharap saya bisa berkesampatan membeli buku tersebut. Saya suka dengan kutipan ini:

“Bekerja dari rumah itu juga ternyata perlu usaha tersendiri. Mungkin dua atau tiga kali lebih keras dibandingkan saat bekerja kantoran. –Halaman X.

Aku rasa itu benar sekali. Karena bayangin aja, kalau dirumah bukan satu atau pekerjaan yang harus ditangani, tapi empat sekaligus dengan bergiliran. Aku membayangkan lalu geli sendiri saat timbul rasa malas buat menulis supaya blog tidak kosong, punggung pegal itu yang bikin rasanya malas sekali.Sungguh berat sekali. Sangat berat ...

Tapi semua itu terbayar ketika aku bisa melihat senyum bayi kecil dalam gendonganku. Memeluk aku dan tidur dalam pangkuanku. Melihat dia merangkak untuk pertama kali., melihat ia duduk untuk pertama kali, rewel karena demam, kena pipisnya saat ganti popok, atau di cakar si kecil ketika dia gemas melihat aku. Sampai sekarang, aku sudah punya beberapa bekas halus akibat cakar si kecil.

Apa bisa aku merasakan itu semua kalau aku bekerja kantoran? Aku rasa, beratnya bekerja di rumah terbayarkan oleh itu semua.


***

Komentar

  1. bekerja di rumah ternyata memang tdk semudah bekerja di luar rumah, tp sebanding dg kebahagiaan yg diperoleh. semoga sukses mba bisnis dan lombanya

    BalasHapus
  2. Hai mba Lathifah Iffah ^^

    terima kasih sudah mampir di tulisan saya ini hehe, semoga bermanfaat ya ...

    dan terima kasih juga dukungannya

    BalasHapus

Posting Komentar

Tinggalkan kesanmu ketika berkunjung

Postingan populer dari blog ini

[SINOPSIS] Spring In London - Ilana Tan

Judul : Spring In London Pengarang : Ilana Tan Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Jumlah Halaman : 238 halaman  Cetakan : kesepuluh Agustus 2011 Naomi menelan ludah dengan susah payah. Air mata mulai membayang dimatanya.  “Sekarang kau tidak akan bisa lagi memandang ku tanpa memikirkan apa yang pernah terjadi antara aku dan kakakmu.” “Tidak ... itu tidak benar.” “Dan aku tidak bisa memandangmu tanpa teringat pada kakakmu dan apa yang pernah dilakukannya padaku.” Kata-kata yang diucapkan dengan tajam dan jelas itu menghujam jantung Danny. Dadanya terasa sakit dan sekujur tubuhnya lumpuh. Ia menantap Naomi tanpa berkedip, tanpa bernapas. Ia membuka mulut, namun tidak ada suara yang keluar. Naomi Ishida adalah gadis keturunan Indonesia – Jepang, dan dia merupakan saudara kembar Keiko Ishida (baca Winter in Tokyo). Berbeda dengan Keiko, Naomi memilih karir sebagai seorang model dan menetap di London. Karirnya sebagai model sangat sukses sehingga setiap pemotret

[SINOPSIS] Detektif Conan 70

Dapat juga komik kesukaanku ini di toko buku, padahal jatah terbitnya itu tanggal 30 november kemarin, tapi di toko buku Banda Aceh baru adanya sekarang. Tapi peduli amat lah, amat aja gk begitu peduli, nah Lho ...!!?? Tapi whatever lah, yang pasti komik ini udah ada ditangan, jadi kenapa harus pusing (^0^). Dan seperti biasa aku juga mau ngeringkas sedikit isi komik  Detektif Conan 70, check it out >>>

Book Review: Damn! It's You - Pelangi Tri Saki

Semua Orang Punya Masalah, Tapi Tidak Semua Orang Mampu Menyelesaikannya Judul Buku: Damn! It’s You! Penulis: Pelangi Tri Saki Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama Cetakan ke-1: Januari 2017 Tebal: 232 halaman ISBN: 978-602-03-3661-9 Tidak dipungkiri, banyak sekali penulis-penulis muda yang terlahir dari akun kepenulisan, wattpad. Salah satunya adalah karya pertama Pelangi Tri Saki diterbitkan Gramedia dengan judul Damn! It’s You yang merupakan seri kedua ‘You’. Tulisan yang khas remaja dan banyak menyelipkan percakapan lucu khas anak-anak SMA membuat karyanya banyak dikenal. Setelah sukses dengan seri pertama Hey! You! Diharapkan novel kedua ini akan mengikuti jejak terdahulunya. Dengan mengambil kehidupan SMA, Saki mengajak pembaca untuk mengenal pasangan lucu yang kelakukannya berhasil mengocok perut pembaca. Nigi, seorang cewek yang terkesan tomboy dan cerewet tidak sengaja bertemu dengan Saba, cowok dengan muka datar tanpa ekspresi sama sekali. Diperpa