Langsung ke konten utama

Gugupnya Lebaran Untuk Pertama Kalinya di Rumah Mertua




Tahun lalu, aku dan suamiku sudah sepakat untuk menjatah kepulangan kami ketika lebaran. Kesepakatan awal, tahun pertama kami menikah (tahun lalu) kami akan menghabiskan lebaran di rumah orang tuaku. Dan rencanaya, tahun ini giliran di rumah orang tuanya.

Untuk itu kami melakukan persiapan matang, bukan hanya persiapan mental untuk bertemu mertua yang jarang ditemui, tapi mempersiapkan diri secara finansial. Karena keluarga suamiku adalah keluarga besar, berbeda jauh dengan keluargaku yang beranggotakan empat orang termasuk aku. Otomatis gaji dan THR yang di dapat secara keseluruhan sangat mencungkupi itu semua. Bahkan, Allhamdulillah berlebih sehingga bisa di tabung.

Tapi beda dengan tahun ini. Keluarga besar, pasti butuh dana yang cukup besar juga.Mengingat banyaknya anak-anak di keluarga itu. Yang artinya anak-anak itu akan senang di beri angpao, perlu dana khusus buat mereka, sampai nukar ke bank segala hehe. Biar lebih lucu, aku sengaja beli amplop khusus buat anak-anak untuk lebaran nanti.

Belum lagi saudara dari pihak ayah dan ibu mertua mengumpul di satu desa. Artinya harus ada kue kering dan sirup yang harus di bawa sebagai oleh-oleh. Dan dana untuk itu juga tidak kecil. Agak sedikit menguras. Tapi di hari yang baik, tidak ada masalah bila harus mengeluarkan kocek lebih banyak. Namanya juga untuk mertua sendiri.

Selain itu persiapan mobil untuk bepergian jauh pun harus disiapkan, tidak mau dong kalau sampai mogok di tengan jalan. Oleh karena itu disiapkan juga dana untuk service mobil. Mulai dari pengecekan rem mobil, mengganti ban yang aus, ganti oli dan service AC supaya gak panas. Takut anakku yang baru 8 bulan rewel kalau di bawa jauh.

Resolusiku adalah, bagaimana gaji dan THR suamiku tahun ini bisa mencukupi itu semua. Keadaannya pasti akan berbeda ketika lebaran di rumah orang tuaku. Maka dari awal bulan setelah lebaran tahun kemarin, aku sudah mulai menyisihkan uang simpanan khusus untuk lebaran. Kebetulan aku membaca artikel “8 Tips Mengatur Gaji Untuk Masa Depan Cerah” di website cermati.com artikel tersebut memberikan 8 langkah yang yang mengispirasi aku untuk mengatur keuangan agar cukup untuk lebaran tahun ini.

Salah satunya adalah buat prioritas. Sebagian gaji suamiku, wajib aku sisihkan untuk lebaran tahun ini, berdampingan dengan prioritas lainnya seperti bayar listrik, tagihan air dan lain-lain. Karena dalam prioritas sudah termasuk uang lebaran, maka aku harus mengurangi pengeluaran yang tidak perlu. Jujur ini sulit sekali ketika mengatur pengeluaran. Aku dan suamiku yang berstatus masih pasangan muda, masih susah mengontrol keinginan makan di luar. Selanjutnya menabung. Setelah prioritas dan pengeluaran di atur, uang wajib di tabung sebagian untuk masa depan. Jangan lupa juga siapkan tabungan cadangan, dalam kasusku aku masih menggunakan celeng sebagai tabungan cadangan.

Seperti yang aku bilang barusan, kalau kami pasangan muda, kami butuh suntikan inspirasi dari berbagai sumber. Tanya sana, tanya sini, dan klik sana, klik sini belum ada yang cocok untuk aku terapkan dalam kehidupan nyataku. Karena sedang buka website cermati.com sekalian aja aku lihat artikel lain.

Dan binggo!

Dapat artikel yang cocok banget sama kasusku, yaitu “6 cara mengelola Keungan Bagi Pasangan Baru.” Aku terapkan hal itu bersama suamiku, dan ia pun antusias menyambut ideku. Tapi wajib dicatat, hal ini akan berhasil kalau antara istri dan suami memahami makna “Lakukan dan Fokus Pada Apa yang Menjadi Prioritas.”

Sekarang sudah masuk ramadhan, dan artinya sebentar lagi aku akan melihat hasil usahaku menerapkan ide-ide cemerlang dari website cermati.com. aku berharap lebaran pertamaku di rumah mertua akan sesukses ketika lebaran di rumah orang tuaku. Soalnya yang aku hadapi adalah orang tua suamiku, aku tidak ingin suamiku malu mengetahui bahwa gaji yang ia percayakan padaku tidak mencungkupi untuk lebaran tahun ini.

Tapi kemarin aku intip-intip sih tabungan untuk lebaran itu. Memastikan bahwa uangnya cukup untuk keperluan lebaran nanti, dan ...

Allhamdulliah.

Kalau aku hitung-hitung secara kasar, aku rasa akan cukup. Mungkin pas pas-an. Tidak seperti tahun kemarin ada lebih buat di tabung. Tapi berapapun jumlah yang terkumpul, aku harapkan mampu memenuhi lebaran kami tahun ini. 

Tapi dalam hati aku tetap berdoa, semoga THR suamiku tahun ini naik dari tahun kemarin hehe. Namanya juga berdoa dan berharap, gak salahkan?

***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Review Skincare] Olay® White Radiance Night Whitening Cream

Untuk kulit tampak cerah dengan Olay® White RadianceTM Night Whitening Cream Membantu kulit perlahan-lahan tampak bersinar dengan 3 langkah: Merawat – Vitamin B3 memberi energi sel bagi kulit untuk membantu proses peremajaan kulit. Mencerahkan – Olay Whitening complex (Vitamin B3, Mulberry Extracts, Vitamin C) menyamarkan noda dan meratakan warna kulit saat Anda tidur. Menutrisi – Bermacam vitamin dan campuran bahan pelembab yang efesien untuk memperoleh tekstur yang terasa lebih lembut, tampak bersih bercahaya dan berseri-seri
Review
Aku sudah menggunakan produk Olay yang Night Cream 2x, dalam rentang waktu sekitar setengah tahun. Dan review ini saya buat setelah pesanan Olayku yang ke-2nyampe beberapa hari yang lalu. Setelah melihat hasilnya aku pengen berbagi cerita tentang produk satu ini.
Produk ini adalah rangkaian dari cream cleanser yang pernah aku review: Olay® White Radiance Cream Cleanser
Mulai dari efeknya dulu ya.
Setelah pemakaian setengah tahun, nampak perubahan signifikan sam…

[Review Skincare] Krem Masker Bengkoang Mustika Ratu

KREM MASKER Bengkoang Bengkoang roots mask Membantu Kulit Tampak Cerah & Menyamarkan Noda Ekstrak umbi bengkoang, Akar Manis dan derivate Vitamin C dalam kandungan masker Bengkoang membantu kulit wajah menjadi terasa kencang, lebih lembut, lebih cerah dan menyamarkan noda hitam. ***
Annyeong!
Balik lagi dengan postingan masker. Aku sempat berhenti posting tentang masker yang aku pakai karena aku lagi betah pakai masker ovale bengkoang merek ovale, dan pernah aku review (baca disini). Pas banget stok masker di rumah udah menipis, akhirnya aku coba belanja di swalayan tempat dimana biasa aku beli masker.
Eh ternyata habis.
Dan penyakit malasku kumat. Yakni malas banget keliling-keliling swalayan Cuma demi cari sebungkus masker. Alhasil pas singgah di Indomaret, aku lihat masker bentuk pasta yang dikemas dalam bentuk tube.
Aku gak banyak mikir lagi pas ngelihat masker ini. Alasan pertama sih karena mereknya itu Mustika Ratu. Siapa coba yang gak kenal merek ini? Dari aku belum lahir, kaya…

[Review Skincare] Latulip Acne Total Care Lotion (Series for Acne Prone Skine)

Lotion khusus untuk perawatan kulit berjerawat. Mengandung bahan bio-aktif Terinen-4-ol yang berfungsi sebagai anti-mikroba, Sulfur yang berfungsi sebagai antiseptik ringan, dan Salicylic Acid yang berfungsi sebagai keratolitik. Oleskan secara tipis dan merata pada seluruh kulit wajah. Hindarkan pemakaian pada sekitar mata dan mulut. Sebaiknya dipakai dua jam sebelum tidur malam dan biarkan sampai esok hari. Kocok dahulu sebelum dipakai.
Sebenarnya aku udah lama banget pake produk ini. Sekitar 4 tahunan, mungkin ini tahun kelima aku betah pakai produk ini. Dan awal perkenalan dengan produk ini ketika aku benar-benar putus asa melihat kulit wajahku yang rusak karena jerawat meradang.
Aku gak main-main ketika mengatakan wajahku mengerikan sekali saat itu. Jerawat yang tumbuh di pipi membuat aku kehilangan percaya diri. Untuk menatap lawan bicaraku saja, aku gak berani. Aku bahkan gak berani memposting foto yang sempat aku ambil bersama teman-temanku. Hanya berani menyimpan dalam folder di…