Langsung ke konten utama

Menabung ala Syariah





Kalau ngomong soal menabung, kayaknya bakal susah banget di zaman serba mahal gini. Jangankan untuk nabung, untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari aja udah kewalahan. Tapi tetap bersyukur juga, karena aku dan keluarga masih bisa makan 3x sehari.

Walaupun zaman serba mahal, menabung tetap harus diprioritaskan. Kalau kata Mama, “pikirkan aja jeleknya dulu, gak usah mikir senangnya. Nanti gak sesuai harapan, kecewa yang ada.” Benar kata Mama, walaupun gaji suamiku lumayan  lebih (sedikit), tapi tabungan tetap di pikir. Gak usah mikirin makan enak setiap hari, baju bagus setiap bulan, atau liburan tiap weekend. Tapi pikirkan gimana nanti kalau sakit, gimana biaya sekolah anak, gimana dan gimana seterusnya. So, sebagai istri sekaligus ibu, aku harus pintar-pintar mengatur keuangan yang diberikan suami.

Aku punya tips  menabung yang Allhamdulillah sudah hampir 3 tahun aku terapkan dan berhasil memenuhi kebutuhan yang mendasar hingga kebutuhan yang mendesak. Misalnya mengunjungi rumah mertua yang letaknya di luar kota atau memberi kado pada kerabat/rekan kantor yang menikah.

1.      Aku membuat tabungan bersama, yaitu tabungan atas nama Istri dan Suami sekaligus. Jadi kalau ngambil harus ada kesepakatan antara kedua pihak. Dan supaya gak tergoda buat ngambil uang terus-terusan, aku tidak menggunakan ATM untuk tabungan satu ini. Selain itu lebih hemat karena tidak dipotong untuk biaya ATM.

2.      Untuk belanja, suamiku tiap bulan udah kasih jatah yang di kirim rekening pribadi aku. Nah uang itu untuk belanja bulanan dan keperluan  sehari-hari. Ini aku lakukan supaya aku gak pegang uang cash setiap hari. Kebayangkan kalau cewek pegang uang cash, sedikit melangkah aja pasti ada aja yang mau dibeli.


3.      Ketika anakku baru lahir, aku dan suamiku langsung sepakat untuk membuka tabungan berjangka atas nama anakku. Dan uang ini akan langsung terpotong otomatis dari gaji suami pas setiap tanggal 1. Tidak tanggung-tanggung kami memutuskan untuk membuatnya selama lima tahun. Karena itu bertepatan dengan anakku masuk TK. Untuk jaga-jaga kalau gaji suamiku tidak cukup untuk memenuhi keperluan ketika ia masuk TK nanti.

4.      Cara paling kuno adalah celeng. Aku nyebutnya “Tabungan Tersembunyi” hehe. Soalnya celeng ini aku isikan uang sisa belanja. Misalnya pergi kepasar ada lebih Rp 2000,- maka uang itu akan aku masukan ke dalam celeng.  Walaupun udah ketinggalan zaman, tapi bagiku celeng ini ampuh banget buat nabung kecil-kecilan di rumah. Pernah kejadian ponsel suamiku rusak, padahal kontak penting semua ada disitu, dan karena mendesak akhirnya celeng aku bongkar lalu belikan ponsel baru buat suami. Lihatkan? Terbukti masih ampuh, jadi gak perlu untuk keperluan sedikit harus ngambil di ATM, gunakan tabungan tersembunyi yang ada di rumah.

5.      Biasakan jangan berhutang atau kredit. Mama paling gencar kalau udah nyangkut masalah ini. Mama bisa merepet seharian kalau udah ngomongin masalah kredit ataupun hutang. Pesan Mama, “Jangan pernah membeli yang tidak sesuai kemampuan kita hingga menyebabkan hutang. Biarkan aja hidup seadanya asal gak ada hutang. Makan ikan asin tiap hari pun boleh, asal jangan ada hutang.” Itu prinsip Mama yang diajarkan ke aku. Aku turuti kata Mama, Allhamdullah ampuh. Ampuh menghilangkan sakit kepala yang diakibatkan memikirkan kredit yang harus di bayarkan setiap bulannya. Hingga kini, aku dan suamiku tidak pernah belanja sesuatu yang di beli dengan cicilan/ kredit. Karena otomatis kalau kita mulai punya hutang, jatah belanja untuk kebutuhan sehari-hari pasti kurang. Dan bisa mengakibatkan hutang kepada pihak lain untuk menutupi hutang, yang ada nantinya malah gali lobang tutup lobang.


Udah pahamkan cara yang aku terapkan dalam menabung? Nah sekarang ngebahas tabungan yang aku pakai untuk “membantu” aku selama ini. Aku menggunakan Tabungan Syariah mandiri. Karena Insya Allah sesuai prinsip syariah

Untuk poin 1 pada penjelasan di atas, aku menggunakan produk  BSM TabungankuTabungan ini gratis biaya administrasi bulanan. Kalau kita berminat menggunakan ATM, maka tiap bulan akan dikenakan biaya Rp 2000,-/bulan, tapi seandainya tidak berniat menggunakan ATM, ya berati tidak ada potongan sama sekali. Tabungan ini efesien banget menurut aku digunakan sebagai Tabungan. Karena uang yang kita simpan tidak akan terpotong sama sekali 

Untuk poin 2 pada penjelasan di atas, aku menggunakan produk Tabungan BSM. Tabungan ini sama seperti pada umumnya. di potong biata administrasi dan biaya ATM. Kelebihannya ATMnya dilengkapi fasilitas debit.

Kalau untuk poin 3 pada penjelasan di atas, aku menggunakan produk BSM Tabungan Investa Cendekia. Tabungan ini khusus dipersiapkan untuk keperluan pendidikan anak-anak dengan jumlah setoran bulanan tetap. Nah kalau tabungan ini, langsung dipotong otomatis dari gaji suamiku setiap bulan. Kelebihannya kita bisa menambah setoran dari luar kalau ada rezeki lebih. Tapi kita tidak bisa mengubah jumlah setoran bulanan yang sudah kita daftarkan pada awal pembukaan tabungan. Misalnya, potongan yang disepakati untuk tabungan ini adalah Rp 200.000,-/bulan. Maka yang di potong dari gaji akan seperti itu selama jangka waktu yang ditetapkan dan tidak bisa dirubah. Nah kalau kita ingin menambah dari luar (andaikan saja anak kita mendapat banyak angpao ketika lebaran) itu bisa dilakukan dengan menyetor seperti biasa.

Tulisanku ini adalah pengalaman pribadi aku dalam menabung. Produk tabungan yang aku paparkan di atas bukan bermaksud menjual, tapi hanya sebagai patokan andaikan ada di antara kita yang sedang memilih-milih produk tabungan yang tepat.  Andaikata bermanfaat, bisa dicontoh. Sebaliknya, kalau memang tidak bermanfaat yah gak usah dicontoh. Sebagai tambahan, coba rajin-rajin kunjungi Cermati.com untuk mengetahui berbagai informasi seputar finansial.



Sebelum aku akhiri tulisan ini, aku ingin berbagi sedikit kalimat suamiku, “Selalu bedakan antara keinginan dan kebutuhan.”

Wassalam ...

***


Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Review Skincare] Olay® White Radiance Night Whitening Cream

Untuk kulit tampak cerah dengan Olay® White RadianceTM Night Whitening Cream Membantu kulit perlahan-lahan tampak bersinar dengan 3 langkah: Merawat – Vitamin B3 memberi energi sel bagi kulit untuk membantu proses peremajaan kulit. Mencerahkan – Olay Whitening complex (Vitamin B3, Mulberry Extracts, Vitamin C) menyamarkan noda dan meratakan warna kulit saat Anda tidur. Menutrisi – Bermacam vitamin dan campuran bahan pelembab yang efesien untuk memperoleh tekstur yang terasa lebih lembut, tampak bersih bercahaya dan berseri-seri
Review
Aku sudah menggunakan produk Olay yang Night Cream 2x, dalam rentang waktu sekitar setengah tahun. Dan review ini saya buat setelah pesanan Olayku yang ke-2nyampe beberapa hari yang lalu. Setelah melihat hasilnya aku pengen berbagi cerita tentang produk satu ini.
Produk ini adalah rangkaian dari cream cleanser yang pernah aku review: Olay® White Radiance Cream Cleanser
Mulai dari efeknya dulu ya.
Setelah pemakaian setengah tahun, nampak perubahan signifikan sam…

[Review Skincare] Krem Masker Bengkoang Mustika Ratu

KREM MASKER Bengkoang Bengkoang roots mask Membantu Kulit Tampak Cerah & Menyamarkan Noda Ekstrak umbi bengkoang, Akar Manis dan derivate Vitamin C dalam kandungan masker Bengkoang membantu kulit wajah menjadi terasa kencang, lebih lembut, lebih cerah dan menyamarkan noda hitam. ***
Annyeong!
Balik lagi dengan postingan masker. Aku sempat berhenti posting tentang masker yang aku pakai karena aku lagi betah pakai masker ovale bengkoang merek ovale, dan pernah aku review (baca disini). Pas banget stok masker di rumah udah menipis, akhirnya aku coba belanja di swalayan tempat dimana biasa aku beli masker.
Eh ternyata habis.
Dan penyakit malasku kumat. Yakni malas banget keliling-keliling swalayan Cuma demi cari sebungkus masker. Alhasil pas singgah di Indomaret, aku lihat masker bentuk pasta yang dikemas dalam bentuk tube.
Aku gak banyak mikir lagi pas ngelihat masker ini. Alasan pertama sih karena mereknya itu Mustika Ratu. Siapa coba yang gak kenal merek ini? Dari aku belum lahir, kaya…

[Review Skincare] Latulip Acne Total Care Lotion (Series for Acne Prone Skine)

Lotion khusus untuk perawatan kulit berjerawat. Mengandung bahan bio-aktif Terinen-4-ol yang berfungsi sebagai anti-mikroba, Sulfur yang berfungsi sebagai antiseptik ringan, dan Salicylic Acid yang berfungsi sebagai keratolitik. Oleskan secara tipis dan merata pada seluruh kulit wajah. Hindarkan pemakaian pada sekitar mata dan mulut. Sebaiknya dipakai dua jam sebelum tidur malam dan biarkan sampai esok hari. Kocok dahulu sebelum dipakai.
Sebenarnya aku udah lama banget pake produk ini. Sekitar 4 tahunan, mungkin ini tahun kelima aku betah pakai produk ini. Dan awal perkenalan dengan produk ini ketika aku benar-benar putus asa melihat kulit wajahku yang rusak karena jerawat meradang.
Aku gak main-main ketika mengatakan wajahku mengerikan sekali saat itu. Jerawat yang tumbuh di pipi membuat aku kehilangan percaya diri. Untuk menatap lawan bicaraku saja, aku gak berani. Aku bahkan gak berani memposting foto yang sempat aku ambil bersama teman-temanku. Hanya berani menyimpan dalam folder di…