Langsung ke konten utama

Tujuan Nge-blog dan Aplikasi yang digunakan

Tulisan ini untuk diikutsertakan dalam "Go for it Blog Competition" yang di adakan oleh Blog Emak Gaoel
 

Apa yang aku kejar dalam dunia blogging?

Usia blog In My Room ini sudah hampir 3 tahun. Awal mula aku menulis blog sekitar tahun 2012. Itu zaman aku masih kuliah dan lagi sibuk sama duniaku sendiri, yaitu fangirl, yang kerjaannya kepoin berita idol Kpop dan men-translate-kan berita meraka dalam bahasa indonesia. Kadang aku juga suka nge-share foto-foto tentang mereka.

Awalnya memang untuk berbagi berita, cerita suka duka dengan sesama fangirl yang mencintai dunia kpop, lalu masalah demi masalah menghantam kehidupan aku yang jauh dari kehidupan nyata. Tugas kuliah, skripsi, masalah dalam keluarga dan lain-lain. Aku tidak punya teman yang bisa aku percaya untuk menceritakan kisahku, tapi aku punya banyak teman yang bisa aku ajak hang out bersama-sama sehingga tertawa bersama mereka adalah obat bius yang bisa membuat aku kebal terhadap masalah yang sedang menimpaku. Maka dari itu, aku menarik diri dunia dari fangirl dan mengfokuskan pada tulisan-tulisan fiksi yang aku ilhami dari kisah nyata. Modusnya sebagai curhat sih ^^v

Semua keluh kesah dan cerita bahagiaku, aku rangkai menjadi fiksi hingga orang lain tidak mengetahui bahwa itu semua adalah kisah tentang aku. Dan aku senang ketika mereka menikmati tulisanku.

Aku mengisi blog-ku dengan berbagai macam tulisanku, mulai dari celoteh tentang fenomena yang terjadi di sekelilingku, tentang fiksi yang kebanyakan menggambarkan isi hatiku, dan tentang review suatu produk. Di In My Room aku tidak mengejar hal-hal besar, seperti dapat tawaran job review atau sebagainya, di In My Room (sesuai nama blognya) aku menyajikan cerita-cerita yang terjadi pada diriku sendiri, di dalam kamarku yang kecil dan berbekal laptop dan smartphone aku menulis cerita yang aku harap dapat meringankan hatiku dan dapat memberi informasi bagi yang membutuhkan.

Sekali-kali, aku juga sering ikut lomba blog. Dan bila menang aku anggap rezeki, kalau tidak yah gak masalah. Tujuannya? Cuma untuk menguji/mengasah kemampuan menulisku.

Hanya itu.

Sederhana sekali.

Meringankan perasahaan hatiku. Dan apabila tulisanku bisa memberi manfaat untuk pembaca, aku anggap itu sebagai bonus bahwa di luar sana ada yang senasib atau memiliki kisah yang sama.

Aplikasi yang aku gunakan

Karena In My Room adalah blog pribadi yang berisi tulisan-tulisan pribadiku, aku gak terlalu banyak menggunakan aplikasi. Takut membuat beban smartphone ku menjadi berat dan akhirnya bukan mempermudah aku menulis, malah merepotkan. 
 
1. Polaris Office 5

 
Karena disini aku lebih banyak cerita fiksi, yang idenya suka timbul tenggelam, maka aku suka menulis draft dahulu di smartphone milikku. Aplikasi yang aku gunakan adalah Polaris Office 5. Disini ada 4 macam doc yang bisa kita pilih, ms word, ms excel, power point dan text (mirip dengan memo).

Kelemahannya, aplikasi ini tidak menyajikan berapa jumlah kata yang sudah aku ketik. Jadi aplikasi ini lebih cenderung aku gunakan untuk menulis fiksi yang tidak dibatasi jumlah karakter dan katanya. 
 
2. Writer
Aplikasi tambahan, aku menggunakan aplikasi Writer. Karena di aplikasi ini ada keterangan berapa jumlah kata dan karakter yang sudah aku ketik (sangat membantu mengikuti lomba menulis yang di batasi jumlah words atau karakternya). 
 

3.  Pinterest
Untuk gambar/foto biasanya saya suka mencomot dari Pinterest, karena gambar-gambarnya beragam dan sangat cocok menggambarkan isi tulisan aku.


4. Aillis (Line Camera) 
Tapi misalnya untuk keperluan lomba atau review produk, aku biasanya menggunakan foto yang aku ambil menggunakan kamera. Dan aku suka mengeditnya menggunakan aplikasi Line Camera. Alasannya karena Line Camera memiliki stiker yang lucu-lucu banget dan berbagai macam jenis tulisan yang bisa kita download. Selain itu, cara menggunakannya pun mudah banget.

semua aplikasi itu (yang udah aku sebutkan) gak bikin kerja smartphone-ku jadi berat. Makanya sampai sekarang, aku tetap bertahan dan mengandalkan sekali aplikasi tersebut untuk membantuku blogging.   


 Untuk mengikuti kompetesi ini, silahkan cek disini


 ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Review Skincare] Olay® White Radiance Night Whitening Cream

Untuk kulit tampak cerah dengan Olay® White RadianceTM Night Whitening Cream Membantu kulit perlahan-lahan tampak bersinar dengan 3 langkah: Merawat – Vitamin B3 memberi energi sel bagi kulit untuk membantu proses peremajaan kulit. Mencerahkan – Olay Whitening complex (Vitamin B3, Mulberry Extracts, Vitamin C) menyamarkan noda dan meratakan warna kulit saat Anda tidur. Menutrisi – Bermacam vitamin dan campuran bahan pelembab yang efesien untuk memperoleh tekstur yang terasa lebih lembut, tampak bersih bercahaya dan berseri-seri
Review
Aku sudah menggunakan produk Olay yang Night Cream 2x, dalam rentang waktu sekitar setengah tahun. Dan review ini saya buat setelah pesanan Olayku yang ke-2nyampe beberapa hari yang lalu. Setelah melihat hasilnya aku pengen berbagi cerita tentang produk satu ini.
Produk ini adalah rangkaian dari cream cleanser yang pernah aku review: Olay® White Radiance Cream Cleanser
Mulai dari efeknya dulu ya.
Setelah pemakaian setengah tahun, nampak perubahan signifikan sam…

[Review Skincare] Krem Masker Bengkoang Mustika Ratu

KREM MASKER Bengkoang Bengkoang roots mask Membantu Kulit Tampak Cerah & Menyamarkan Noda Ekstrak umbi bengkoang, Akar Manis dan derivate Vitamin C dalam kandungan masker Bengkoang membantu kulit wajah menjadi terasa kencang, lebih lembut, lebih cerah dan menyamarkan noda hitam. ***
Annyeong!
Balik lagi dengan postingan masker. Aku sempat berhenti posting tentang masker yang aku pakai karena aku lagi betah pakai masker ovale bengkoang merek ovale, dan pernah aku review (baca disini). Pas banget stok masker di rumah udah menipis, akhirnya aku coba belanja di swalayan tempat dimana biasa aku beli masker.
Eh ternyata habis.
Dan penyakit malasku kumat. Yakni malas banget keliling-keliling swalayan Cuma demi cari sebungkus masker. Alhasil pas singgah di Indomaret, aku lihat masker bentuk pasta yang dikemas dalam bentuk tube.
Aku gak banyak mikir lagi pas ngelihat masker ini. Alasan pertama sih karena mereknya itu Mustika Ratu. Siapa coba yang gak kenal merek ini? Dari aku belum lahir, kaya…

[Review Skincare] Latulip Acne Total Care Lotion (Series for Acne Prone Skine)

Lotion khusus untuk perawatan kulit berjerawat. Mengandung bahan bio-aktif Terinen-4-ol yang berfungsi sebagai anti-mikroba, Sulfur yang berfungsi sebagai antiseptik ringan, dan Salicylic Acid yang berfungsi sebagai keratolitik. Oleskan secara tipis dan merata pada seluruh kulit wajah. Hindarkan pemakaian pada sekitar mata dan mulut. Sebaiknya dipakai dua jam sebelum tidur malam dan biarkan sampai esok hari. Kocok dahulu sebelum dipakai.
Sebenarnya aku udah lama banget pake produk ini. Sekitar 4 tahunan, mungkin ini tahun kelima aku betah pakai produk ini. Dan awal perkenalan dengan produk ini ketika aku benar-benar putus asa melihat kulit wajahku yang rusak karena jerawat meradang.
Aku gak main-main ketika mengatakan wajahku mengerikan sekali saat itu. Jerawat yang tumbuh di pipi membuat aku kehilangan percaya diri. Untuk menatap lawan bicaraku saja, aku gak berani. Aku bahkan gak berani memposting foto yang sempat aku ambil bersama teman-temanku. Hanya berani menyimpan dalam folder di…