Langsung ke konten utama

Tujuan Nge-blog dan Aplikasi yang digunakan

Tulisan ini untuk diikutsertakan dalam "Go for it Blog Competition" yang di adakan oleh Blog Emak Gaoel
 

Apa yang aku kejar dalam dunia blogging?

Usia blog In My Room ini sudah hampir 3 tahun. Awal mula aku menulis blog sekitar tahun 2012. Itu zaman aku masih kuliah dan lagi sibuk sama duniaku sendiri, yaitu fangirl, yang kerjaannya kepoin berita idol Kpop dan men-translate-kan berita meraka dalam bahasa indonesia. Kadang aku juga suka nge-share foto-foto tentang mereka.

Awalnya memang untuk berbagi berita, cerita suka duka dengan sesama fangirl yang mencintai dunia kpop, lalu masalah demi masalah menghantam kehidupan aku yang jauh dari kehidupan nyata. Tugas kuliah, skripsi, masalah dalam keluarga dan lain-lain. Aku tidak punya teman yang bisa aku percaya untuk menceritakan kisahku, tapi aku punya banyak teman yang bisa aku ajak hang out bersama-sama sehingga tertawa bersama mereka adalah obat bius yang bisa membuat aku kebal terhadap masalah yang sedang menimpaku. Maka dari itu, aku menarik diri dunia dari fangirl dan mengfokuskan pada tulisan-tulisan fiksi yang aku ilhami dari kisah nyata. Modusnya sebagai curhat sih ^^v

Semua keluh kesah dan cerita bahagiaku, aku rangkai menjadi fiksi hingga orang lain tidak mengetahui bahwa itu semua adalah kisah tentang aku. Dan aku senang ketika mereka menikmati tulisanku.

Aku mengisi blog-ku dengan berbagai macam tulisanku, mulai dari celoteh tentang fenomena yang terjadi di sekelilingku, tentang fiksi yang kebanyakan menggambarkan isi hatiku, dan tentang review suatu produk. Di In My Room aku tidak mengejar hal-hal besar, seperti dapat tawaran job review atau sebagainya, di In My Room (sesuai nama blognya) aku menyajikan cerita-cerita yang terjadi pada diriku sendiri, di dalam kamarku yang kecil dan berbekal laptop dan smartphone aku menulis cerita yang aku harap dapat meringankan hatiku dan dapat memberi informasi bagi yang membutuhkan.

Sekali-kali, aku juga sering ikut lomba blog. Dan bila menang aku anggap rezeki, kalau tidak yah gak masalah. Tujuannya? Cuma untuk menguji/mengasah kemampuan menulisku.

Hanya itu.

Sederhana sekali.

Meringankan perasahaan hatiku. Dan apabila tulisanku bisa memberi manfaat untuk pembaca, aku anggap itu sebagai bonus bahwa di luar sana ada yang senasib atau memiliki kisah yang sama.

Aplikasi yang aku gunakan

Karena In My Room adalah blog pribadi yang berisi tulisan-tulisan pribadiku, aku gak terlalu banyak menggunakan aplikasi. Takut membuat beban smartphone ku menjadi berat dan akhirnya bukan mempermudah aku menulis, malah merepotkan. 
 
1. Polaris Office 5

 
Karena disini aku lebih banyak cerita fiksi, yang idenya suka timbul tenggelam, maka aku suka menulis draft dahulu di smartphone milikku. Aplikasi yang aku gunakan adalah Polaris Office 5. Disini ada 4 macam doc yang bisa kita pilih, ms word, ms excel, power point dan text (mirip dengan memo).

Kelemahannya, aplikasi ini tidak menyajikan berapa jumlah kata yang sudah aku ketik. Jadi aplikasi ini lebih cenderung aku gunakan untuk menulis fiksi yang tidak dibatasi jumlah karakter dan katanya. 
 
2. Writer
Aplikasi tambahan, aku menggunakan aplikasi Writer. Karena di aplikasi ini ada keterangan berapa jumlah kata dan karakter yang sudah aku ketik (sangat membantu mengikuti lomba menulis yang di batasi jumlah words atau karakternya). 
 

3.  Pinterest
Untuk gambar/foto biasanya saya suka mencomot dari Pinterest, karena gambar-gambarnya beragam dan sangat cocok menggambarkan isi tulisan aku.


4. Aillis (Line Camera) 
Tapi misalnya untuk keperluan lomba atau review produk, aku biasanya menggunakan foto yang aku ambil menggunakan kamera. Dan aku suka mengeditnya menggunakan aplikasi Line Camera. Alasannya karena Line Camera memiliki stiker yang lucu-lucu banget dan berbagai macam jenis tulisan yang bisa kita download. Selain itu, cara menggunakannya pun mudah banget.

semua aplikasi itu (yang udah aku sebutkan) gak bikin kerja smartphone-ku jadi berat. Makanya sampai sekarang, aku tetap bertahan dan mengandalkan sekali aplikasi tersebut untuk membantuku blogging.   


 Untuk mengikuti kompetesi ini, silahkan cek disini


 ***

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[SINOPSIS] Spring In London - Ilana Tan

Judul : Spring In London Pengarang : Ilana Tan Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Jumlah Halaman : 238 halaman  Cetakan : kesepuluh Agustus 2011 Naomi menelan ludah dengan susah payah. Air mata mulai membayang dimatanya.  “Sekarang kau tidak akan bisa lagi memandang ku tanpa memikirkan apa yang pernah terjadi antara aku dan kakakmu.” “Tidak ... itu tidak benar.” “Dan aku tidak bisa memandangmu tanpa teringat pada kakakmu dan apa yang pernah dilakukannya padaku.” Kata-kata yang diucapkan dengan tajam dan jelas itu menghujam jantung Danny. Dadanya terasa sakit dan sekujur tubuhnya lumpuh. Ia menantap Naomi tanpa berkedip, tanpa bernapas. Ia membuka mulut, namun tidak ada suara yang keluar. Naomi Ishida adalah gadis keturunan Indonesia – Jepang, dan dia merupakan saudara kembar Keiko Ishida (baca Winter in Tokyo). Berbeda dengan Keiko, Naomi memilih karir sebagai seorang model dan menetap di London. Karirnya sebagai model sangat sukses sehingga setiap pemotret

[SINOPSIS] Detektif Conan 70

Dapat juga komik kesukaanku ini di toko buku, padahal jatah terbitnya itu tanggal 30 november kemarin, tapi di toko buku Banda Aceh baru adanya sekarang. Tapi peduli amat lah, amat aja gk begitu peduli, nah Lho ...!!?? Tapi whatever lah, yang pasti komik ini udah ada ditangan, jadi kenapa harus pusing (^0^). Dan seperti biasa aku juga mau ngeringkas sedikit isi komik  Detektif Conan 70, check it out >>>

Book Review: Damn! It's You - Pelangi Tri Saki

Semua Orang Punya Masalah, Tapi Tidak Semua Orang Mampu Menyelesaikannya Judul Buku: Damn! It’s You! Penulis: Pelangi Tri Saki Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama Cetakan ke-1: Januari 2017 Tebal: 232 halaman ISBN: 978-602-03-3661-9 Tidak dipungkiri, banyak sekali penulis-penulis muda yang terlahir dari akun kepenulisan, wattpad. Salah satunya adalah karya pertama Pelangi Tri Saki diterbitkan Gramedia dengan judul Damn! It’s You yang merupakan seri kedua ‘You’. Tulisan yang khas remaja dan banyak menyelipkan percakapan lucu khas anak-anak SMA membuat karyanya banyak dikenal. Setelah sukses dengan seri pertama Hey! You! Diharapkan novel kedua ini akan mengikuti jejak terdahulunya. Dengan mengambil kehidupan SMA, Saki mengajak pembaca untuk mengenal pasangan lucu yang kelakukannya berhasil mengocok perut pembaca. Nigi, seorang cewek yang terkesan tomboy dan cerewet tidak sengaja bertemu dengan Saba, cowok dengan muka datar tanpa ekspresi sama sekali. Diperpa