Langsung ke konten utama

[Celoteh] Banjir Kiriman di Meulaboh Bikin Hati Dag Dig Dug



Ini tahun ke-2 aku tinggal di kota kecil Meulaboh. Dan ini tahun ke-2 juga aku di buat dag dig dug ketika musim hujan tiba.

Pasalnya, Meulaboh ternyata cepat sekali banjir kalau hujan turun. Bahkan di tengah kota pun bisa digenangi air, meski hujan (dengan intesitas deras) hanya selama 2 jam.

Syukurnya, aku tinggal di daerah Kampung Mesjid Tuha yang agak “aman” dari situasi banjir. Bahkan tahun pertama aku pindah ke Meulaboh, hujan deras mengguyur Meulaboh selama 3 hari 2 malam, tapi Kampungku masih aman-aman aja. Cuma yah becek gak bisa dihindari. Halaman juga tergenang air. Cuma di beberapa kampung di kecamatan lain, rumah-rumah penduduk ada yang tenggelam.

Itu menyedihkan banget ....

Bahkan jalan-jalan yang menghubungkan ke luar kota, beberapa ada yang putus total. Suamiku sempat kejebak gak bisa pulang saat itu. Maklum, suami kerja agak jauh. Sekitar 2 jam perjalanan menggunakan mobil.

Tapi tahun ini jantungku berdebar lebih kencang.

Tanggal 12 desember 2015 beberapa kampung tetangga mendapat banjir kiriman dari kecamatan lain. Agak ngeri sih, soalnya pas tanggal 12 itu, kampung kami sama sekali gak hujan. Cuma mendung dan kadang-kadang gerimis, tapi air sungai meluap dan mulai membanjiri beberapa rumah di kampung tetangga. 

Ini penampakan air meluap hingga ke badan jalan, padahal hujan gak ada turun malam itu.


Terus kenapa aku khawatir?

Ya iya lah. Jarak antara kampungku dengan kampung tetangga gak begitu jauh, jadi aku berpikiran, seandainya kampung sebelah aja udah kemasukan air, gimana dengan kampungku? Aku terus kepikiran, gak hujan aja kampung sebelah bisa banjir, gimana kalau hujan deras.

Itu asli gak bisa bikin tidur nyenyak, karena tengah malamnya kampung kami baru hujan deras.

Deras banget!!



Besoknya, tanggal 13 desember 2015, mimpi buruk jadi kenyataan. Kampung-kampung tetangga mulai kebanjiran. Air sungai udah meluap sampai ke atas badan jalan dan tinggi banjirnya sebatas di atas mata kaki orang dewasa. Arusnya kencang pula. Seandainya bawa motor, harus hati-hati jangan sampai ke seret arus. Malah beberapa bapak-bapak lebih milih mendorong motornya di atas banjir, meski banjirnya gak terlalu tinggi.

Kalau untuk di rumah-rumah atau lorong-lorong, banjir udah mencapai pinggang orang dewasa. Malah rumah udah gak bisa selamat dari korban air banjir. 

ini kampung tetangga, agak dekat dengan kampungku.

Ini sama juga. Kalau masuk ke dalam, air mencapai pinggang dewasa.

Ini di atas badan jalan. Meski gak terlalu dalam, tapi airnya deras banget

Suami dan Anak ^^

sepanjang jalan banjir

tepi badan jalan dekat kampungku. Udah hampir naik juga, cuma masih aman.


Allhamdullah, kampungku aman-aman aja. Malah lebih dari aman, sisa hujan malam itu pun langsung mengering karena siangnya ada matahari yang bersinar.

Masalahnya, meski udah sore kampung-kampung tetangga itu air makin meluap dan makin tinggi. Padahal hari itu sama sekali gak ada hujan.

Pas nengok berita, dugaanku benar, kalau banjir kiriman itu datang dari kampung-kampung kecamatan lain. Dan ternyata banjir mereka lebih parah daripada kampung yang ada di kampung  tetangga.

Ckckck .....

Bayangin aja, sawah-sawah baru aja di semai benih, tapi dalam sehari itu HILANG TOTAL. 

sawah yang terendam banjir

Sawah terendam banjir

disini padahal ada pondok kecil gitu. Tapi hilang entah kemana


Kalau udah gini, bingung mau nyalahin siapa.

Padahal kalau ngelihat intesitas hujan yang turun, gak seharusnya terjadi banjir kayak gitu. Kalau hujan terus banjir, mungkin lumrah, nah kalau gak hujan tapi banjir kan itu menakutkan. Aku jadi ngerasa takut, gimana kalau sempat hujan gak berhenti selama 3 hari berturut-turut? Pasti gak terelakan banjir itu.

Dari kejadian ini boleh aku berharap?

Yah meski harapanku hanya menjadi sekedar harapan, tapi gak ada salahnya kan.

Harapan adalah doa, dan siapa tahu doa aku di dengar oleh-Nya kan ^^

Harapanku, aku ingin kampung-kampung ini mendapat perhatian khusus dari pemerintah daerah. Karena kampung-kampung ini sebagian besar penghasilan dari bertani, bayangin aja seberapa besar kerugian yang mereka dapat ketika hasil panen hancur total. Belum lagi kerugian material yang dialami warga. Trus gimana warung-warung kecil yang harus tutup karena barang dagangannya rusak kena banjir.

Sakit hati pasti kan. Hati mereka pasti menjerit, gak hujan tapi kok kena imbas banjir. Terus apa yang salah coba? Mereka pasti mau protes, tapi protes sama siapa? Trus kalau protes, di dengar gak?

Dan berharap pemerintah juga mencari tahu apa penyebabnya, serta mencari solusinya.

Yah namanya juga harapan. Entah kedengar atau gak, yah tetap berharap ^^

Tapi pengalaman banjir kayak gini termasuk baru buat aku. Soalnya selama aku tinggal di Banda Aceh, gak pernah banjir kayak gini. Palingan Cuma tergenang aja di halaman.

Ada hal menarik pas banjir ini, anak-anak kelihatannya senang banget main air. Ibu-ibu dan bapak-bapak pada cuci motor dengan air banjir yang ngalir deras di atas badan jalan. Terus juga ada bapak-bapak pasang perangkap ikan.

Terbersit rasa senang juga ngelihatnya. Ada kebahagian di balik luka yang tergores. Ada senyum di balik tangis.

Hari ini, matahari bersinar terang. Aku harap banjir di beberapa kampung sudah surut dan mereka bisa memulai aktivitasnya kembali seperti semula. Sama seperti matahari yang bersinar terang, aku harap kehangatan itu akan membawa harapan baru di hati mereka masing-masing. Menganggap musibah banjir kali ini adalah salah satu skenario yang Allah berikan agar kita bisa lebih pandai bersyukur.

Terutama buatku....

Karena sepeduli apapun aku terhadap musibah yang mereka alami, aku tidak akan pernah bisa mengerti bagaimana perasaan mereka sesungguhnya. Jadi yang bisa aku lakukan adalah mencoba memahami penderitaan mereka dan jadikan pemahaman itu sebagai alat cambuk untuk membuat aku tidak hanya mengeluh dengan keadaan hidup yang aku jalani.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Review Skincare] Krem Masker Bengkoang Mustika Ratu

KREM MASKER Bengkoang Bengkoang roots mask Membantu Kulit Tampak Cerah & Menyamarkan Noda Ekstrak umbi bengkoang, Akar Manis dan derivate Vitamin C dalam kandungan masker Bengkoang membantu kulit wajah menjadi terasa kencang, lebih lembut, lebih cerah dan menyamarkan noda hitam. ***
Annyeong!
Balik lagi dengan postingan masker. Aku sempat berhenti posting tentang masker yang aku pakai karena aku lagi betah pakai masker ovale bengkoang merek ovale, dan pernah aku review (baca disini). Pas banget stok masker di rumah udah menipis, akhirnya aku coba belanja di swalayan tempat dimana biasa aku beli masker.
Eh ternyata habis.
Dan penyakit malasku kumat. Yakni malas banget keliling-keliling swalayan Cuma demi cari sebungkus masker. Alhasil pas singgah di Indomaret, aku lihat masker bentuk pasta yang dikemas dalam bentuk tube.
Aku gak banyak mikir lagi pas ngelihat masker ini. Alasan pertama sih karena mereknya itu Mustika Ratu. Siapa coba yang gak kenal merek ini? Dari aku belum lahir, kaya…

[Review Skincare] Olay® White Radiance Night Whitening Cream

Untuk kulit tampak cerah dengan Olay® White RadianceTM Night Whitening Cream Membantu kulit perlahan-lahan tampak bersinar dengan 3 langkah: Merawat – Vitamin B3 memberi energi sel bagi kulit untuk membantu proses peremajaan kulit. Mencerahkan – Olay Whitening complex (Vitamin B3, Mulberry Extracts, Vitamin C) menyamarkan noda dan meratakan warna kulit saat Anda tidur. Menutrisi – Bermacam vitamin dan campuran bahan pelembab yang efesien untuk memperoleh tekstur yang terasa lebih lembut, tampak bersih bercahaya dan berseri-seri
Review
Aku sudah menggunakan produk Olay yang Night Cream 2x, dalam rentang waktu sekitar setengah tahun. Dan review ini saya buat setelah pesanan Olayku yang ke-2nyampe beberapa hari yang lalu. Setelah melihat hasilnya aku pengen berbagi cerita tentang produk satu ini.
Produk ini adalah rangkaian dari cream cleanser yang pernah aku review: Olay® White Radiance Cream Cleanser
Mulai dari efeknya dulu ya.
Setelah pemakaian setengah tahun, nampak perubahan signifikan sam…

[Review Skincare] Latulip Acne Total Care Lotion (Series for Acne Prone Skine)

Lotion khusus untuk perawatan kulit berjerawat. Mengandung bahan bio-aktif Terinen-4-ol yang berfungsi sebagai anti-mikroba, Sulfur yang berfungsi sebagai antiseptik ringan, dan Salicylic Acid yang berfungsi sebagai keratolitik. Oleskan secara tipis dan merata pada seluruh kulit wajah. Hindarkan pemakaian pada sekitar mata dan mulut. Sebaiknya dipakai dua jam sebelum tidur malam dan biarkan sampai esok hari. Kocok dahulu sebelum dipakai.
Sebenarnya aku udah lama banget pake produk ini. Sekitar 4 tahunan, mungkin ini tahun kelima aku betah pakai produk ini. Dan awal perkenalan dengan produk ini ketika aku benar-benar putus asa melihat kulit wajahku yang rusak karena jerawat meradang.
Aku gak main-main ketika mengatakan wajahku mengerikan sekali saat itu. Jerawat yang tumbuh di pipi membuat aku kehilangan percaya diri. Untuk menatap lawan bicaraku saja, aku gak berani. Aku bahkan gak berani memposting foto yang sempat aku ambil bersama teman-temanku. Hanya berani menyimpan dalam folder di…