Langsung ke konten utama

[130721] KETIK-KETIK DI PAGI HARI ~ PENGENDALIAN DIRI

Pengendalian diri saat diri kita di kelilingi oleh orang-orang yang memiliki sifat jauh berbeda dengan kita membuat hati selalu panas dan merasakan tidak kecocokan saat bersama orang lain. Itu menjadi cobaan sendiri saat harus berdiskusi atau menyalurkan ide.

Penolakan dengan alasan yang tidak logis akan menjadi pemicu api-api kebencian antara sesama.

Sebegitu besarkah akibat lemahnya pengendalian diri?

Aku tahu persis ketika harus belajar mengendalikan diri dari mereka yang selalu seenaknya menyuarakan pendapat tanpa peduli akan suara kecilku. Saat aku di kelilingi orang-orang asing, membuat nyaliku ciut dan tidak terkendali. Lalu aku mencoba lebih memilih berdiam diri daripada aku harus malu karena suaraku di anggap tidak berguna.

Marah?

Tentu. Tidak ada penghargaan sama sekali di dalam itu semua. Lalu bagaimana aku mengantisipasinya? Satu cara pengendalian diri yang aku gunakan adalah BERDIAM DIRI.

Kenapa harus berdiam diri? Bukannya malah membuat diri kita akan merasa lebih kecil dari apa yang telah di anggap sebelumnya?

Bagiku, ketika aku berdiam diri itu dimana aku sedang mengendalikan emosi. Aku menahan agar suaraku tidak bergetar karena marah. Aku diam agar suaraku tidak menjadi cengeng di depan mereka. aku berdiam diri saat mood ku rusak karena mereka. 

Pengecutkah?

Tergantung bagaimana mata seseorang memandang permasalahan ini. Sisi pandang yang berbeda akan membuahkan hasil yang berbeda pula. Aku lebih memilih berdiam diri karena itu tidak akan pernah membuat diriku terpancing dan larut kedalam masalah yang berujung dengan pertengkaran. Bila mereka memang merasa diri mereka benar, maka mereka harus buktikan bahwa pilihan egois mereka adalah yang terbaik. Tapi aku akan tertawa bahagia di atas mereka ketika aku dapat mentertawakan kegagalan mereka yang terlalu sombong.

Bukannya artinya kau sama dengan mereka? Mentertawakan mereka di saat mereka benar-benar salah.

Harus aku akui, IYA. Tapi sifatku tidak lah sempurna. Rasa benci dan dendam tumbuh bagai benih, dan benih itu tidak lain dan tidak bukan karena mereka yang menyebarkannya. Mungkin aku harus belajar mengendalikan diri untuk masalah yang satu ini. Karena, bagaimanapun juga kesombongan kecil yang aku biarkan tumbuh itu akan tumbuh membesar seiringnya waktu yang mendewasakan aku. Mendewasakan cara pikirku.

Tapi satu hal yang aku tau, MENGENDALIKAN DIRI untuk terhindar dari amarah yang lebih besar adalah dengan DIAM. Walaupun seluruh dunia menyebutku pengecut, tapi pembuktian lah yang aku berikan. Bukan hanya sekedar cara meredam amarah ini.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

[SINOPSIS] Spring In London - Ilana Tan

Judul : Spring In London Pengarang : Ilana Tan Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Jumlah Halaman : 238 halaman  Cetakan : kesepuluh Agustus 2011 Naomi menelan ludah dengan susah payah. Air mata mulai membayang dimatanya.  “Sekarang kau tidak akan bisa lagi memandang ku tanpa memikirkan apa yang pernah terjadi antara aku dan kakakmu.” “Tidak ... itu tidak benar.” “Dan aku tidak bisa memandangmu tanpa teringat pada kakakmu dan apa yang pernah dilakukannya padaku.” Kata-kata yang diucapkan dengan tajam dan jelas itu menghujam jantung Danny. Dadanya terasa sakit dan sekujur tubuhnya lumpuh. Ia menantap Naomi tanpa berkedip, tanpa bernapas. Ia membuka mulut, namun tidak ada suara yang keluar. Naomi Ishida adalah gadis keturunan Indonesia – Jepang, dan dia merupakan saudara kembar Keiko Ishida (baca Winter in Tokyo). Berbeda dengan Keiko, Naomi memilih karir sebagai seorang model dan menetap di London. Karirnya sebagai model sangat sukses sehingga setiap pemotret

[SINOPSIS] Detektif Conan 70

Dapat juga komik kesukaanku ini di toko buku, padahal jatah terbitnya itu tanggal 30 november kemarin, tapi di toko buku Banda Aceh baru adanya sekarang. Tapi peduli amat lah, amat aja gk begitu peduli, nah Lho ...!!?? Tapi whatever lah, yang pasti komik ini udah ada ditangan, jadi kenapa harus pusing (^0^). Dan seperti biasa aku juga mau ngeringkas sedikit isi komik  Detektif Conan 70, check it out >>>

[SINOPSIS] Winter In Tokyo - Ilana Tan

Judul : Winter In Tokyo Pengarang : Ilana Tan  Penerbit : Gramedia Pustaka Utama Tahun Terbit : 2011 (Cetakan keenam belas) Jumlah Halaman : 313 Ishida Keiko adalah gadis manis blasteran Jepang-Indonesia dan pekerjaannya sehari-hari adalah sebagai pegawai perpustakaan umum di Shinjuku. Keiko tinggal di apartemen sederhana dua tingkat yang terletak di pinggir kota Tokyo dan setiap lantainya memilki dua apatemen yang saling berhadapan. Keiko sendiri menempati apartemen dengan nomor 202 dilantai dua. Di lantai dua tidak ada penghuni lain selain Keiko, sudah lima tahun penghuni apartemen di seberang apartemen Keiko pindah ke Kota Paris. Sampai suatu hari ada penyewa baru yang menempati apartemen dengan nomor 201, yang tepat berseberangan dengan apartemen Keiko. Dia adalah pemuda bernama Nishimura Kazuto. Kazuto adalah pria keturunan Jepang yang sudah lama tinggal di New York, ia juga merupakan seorang fotografer terkenal di New York. Alasan kepulangannya ke Jepang unt