Langsung ke konten utama

[Celoteh] Merk Rokok Penentu Standar "Gaul" Para Remaja




Kemarin sore aku belanja di Indomaret dekat rumah. Kebetulan Indomaret ini baru di buka di kotaku. Jadi iseng-iseng belanja beberapa perlengkapan baby yang udah mau habis. Dan kebetulan lagi, produk diapers buat bayi lagi banyak diskon, makanya jiwa emak-emak aku langsung mengebu-gebu belanja di Indomaret *Norak haha

Tapi bukan masalah Indomaret yang pengen aku bahas disini. Tapi kelakuan dua orang remaja cowok yang belanja di sebelah aku. Aku berdiri tepat di belakang mereka, jadi kurang lebih terdengar jelas percakapan mereka.

Sebelum pembahasan tentang kejadiannya, aku pengen kasih tahu kalau usia remaja cowok itu aku perkirakan mungkin sedang duduk di bangku SMA kelas 3 atau udah kuliah tapi masih baru semester awal. Intinya mereka masih muda banget, cakep (jiwa penyuka berondongnya kumat *plak plak haha) dan kayaknya berasal dari keluarga yang cukup.

Kronologisnya kayak gini.

Pas aku mau bayar barang diskonan, di depan aku udah berdiri remaja cowok yang aku kasih nama AB yang minta ke mbak kasir buat ngambil rokok Gudang Garam. Entah si mbak nya gak dengar atau gimana, karena kebetulan dia baru aja masukin uang dari pelanggan sebelumnya, jadi si AB itu nunggu sebentar sebelum ia ngulang kalimat dia. Eh tiba-tiba ada remaja cowok satu lagi yang datang aku kasih nama CD langsung nyelonong dan nepuk pundak si AB. Oh aku langsung paham, pasti temannya dia.

Nah setelah basa basi singkat gak penting, si mbak kasir yang udah selesai dengan urusan langsung ngulang permintaan si AB.

“Gudang Garam ya Mas?” si mbak kasir nanya.

“Malboro aja mba.” Si AB ngubah permintaannya. Mendengar pertanyaan dan jawaban itu, si CD dengan cerdasnya nebak kalau temannya itu ngerokok Gudang Garam. Si CD terkekeh geli, dan cara bicaranya terkesan ngejek kepada si AB.

Setelah itu aku gak dengar lagi apa percakapan mereka selanjutnya, karena aku sedang berpikir.

Apa bedanya antara Gudang Garam dan Malboro?

Nanya sama suami, gak bisa. Dia gak ngerokok. Mau nanya sama Papa, beliau juga gak ngerokok. *Ih ideal banget yah keluargaku haha* akhirnya searching internet + nanya sama teman-teman yang agak brutal *plak XD aku tahu perbedaaannya.

Kurang lebih penjelasannya seperti ini. Gudang Garam itu selera orang tua, kalau Malboro selera anak muda.

Otomatis aku jadi paham kenapa si AB ngubah permintaan rokok dia, ternyata dia gengsi karena ketahuan ngerokok merek “orang tua”. Sekarang coba pikir, anak-anak jaman sekarang untuk urusan rokok aja menjadi penentu standar “gaul” mereka, padahal rokok itu jelas-jelas banget pembunuh mematikan. Jadi istilahnya para remaja itu sendiri sudah menetapkan merek senjata pencabut nyawa mereka untuk beberapa tahun ke depan.

Bukan merek yang aku permasalahkan, tapi cara pikir remaja seperti AB dan CD. Apa rokok sekarang menjadi standar anak muda pengikut tren? Atau para remaja itu sendiri yang membuat rokok menjadi tren?

Apapun jawaban dan pertanyaannya, rokok tetaplah rokok. Mau mereknya “emas 24 karat” sekalipun,  itu tetap membunuh.  

Aku yang sudah memiliki anak laki-laki, menjadi was was melihat perkembangan pergaulan yang tidak sehat itu. Padahal kota tempatku tinggal adalah kota kecil, sangking kecilnya disini gak ada Mal ataupun swalayan besar. Yang ada swalayan biasa yang menjual kebutuhan sehari-hari. Pasar pun masih pasar tradisional. Bayangkan aja kalau di kota besar? Mungkin bukan merek rokok yang jadi penentu standar gaul mereka, bisa jadi merek minuman keras, atau jenis narkotika dan sebagainya.

Kejadian itu mungkin bisa membuka mataku sendiri dan membuka mata calon ibu atau para ibu-ibu di luar sana. Atau mungkin punya adik laki-laki atau saudara laki-laki. Jangan sampai merek sebuah produk sampah menjadi salah satu tren di sekitar anak-anak kita.

Serem bangetlah .... 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

[Review Skincare] Krem Masker Bengkoang Mustika Ratu

KREM MASKER Bengkoang Bengkoang roots mask Membantu Kulit Tampak Cerah & Menyamarkan Noda Ekstrak umbi bengkoang, Akar Manis dan derivate Vitamin C dalam kandungan masker Bengkoang membantu kulit wajah menjadi terasa kencang, lebih lembut, lebih cerah dan menyamarkan noda hitam. ***
Annyeong!
Balik lagi dengan postingan masker. Aku sempat berhenti posting tentang masker yang aku pakai karena aku lagi betah pakai masker ovale bengkoang merek ovale, dan pernah aku review (baca disini). Pas banget stok masker di rumah udah menipis, akhirnya aku coba belanja di swalayan tempat dimana biasa aku beli masker.
Eh ternyata habis.
Dan penyakit malasku kumat. Yakni malas banget keliling-keliling swalayan Cuma demi cari sebungkus masker. Alhasil pas singgah di Indomaret, aku lihat masker bentuk pasta yang dikemas dalam bentuk tube.
Aku gak banyak mikir lagi pas ngelihat masker ini. Alasan pertama sih karena mereknya itu Mustika Ratu. Siapa coba yang gak kenal merek ini? Dari aku belum lahir, kaya…

[Review Skincare] Olay® White Radiance Night Whitening Cream

Untuk kulit tampak cerah dengan Olay® White RadianceTM Night Whitening Cream Membantu kulit perlahan-lahan tampak bersinar dengan 3 langkah: Merawat – Vitamin B3 memberi energi sel bagi kulit untuk membantu proses peremajaan kulit. Mencerahkan – Olay Whitening complex (Vitamin B3, Mulberry Extracts, Vitamin C) menyamarkan noda dan meratakan warna kulit saat Anda tidur. Menutrisi – Bermacam vitamin dan campuran bahan pelembab yang efesien untuk memperoleh tekstur yang terasa lebih lembut, tampak bersih bercahaya dan berseri-seri
Review
Aku sudah menggunakan produk Olay yang Night Cream 2x, dalam rentang waktu sekitar setengah tahun. Dan review ini saya buat setelah pesanan Olayku yang ke-2nyampe beberapa hari yang lalu. Setelah melihat hasilnya aku pengen berbagi cerita tentang produk satu ini.
Produk ini adalah rangkaian dari cream cleanser yang pernah aku review: Olay® White Radiance Cream Cleanser
Mulai dari efeknya dulu ya.
Setelah pemakaian setengah tahun, nampak perubahan signifikan sam…

[Review Skincare] Latulip Acne Total Care Lotion (Series for Acne Prone Skine)

Lotion khusus untuk perawatan kulit berjerawat. Mengandung bahan bio-aktif Terinen-4-ol yang berfungsi sebagai anti-mikroba, Sulfur yang berfungsi sebagai antiseptik ringan, dan Salicylic Acid yang berfungsi sebagai keratolitik. Oleskan secara tipis dan merata pada seluruh kulit wajah. Hindarkan pemakaian pada sekitar mata dan mulut. Sebaiknya dipakai dua jam sebelum tidur malam dan biarkan sampai esok hari. Kocok dahulu sebelum dipakai.
Sebenarnya aku udah lama banget pake produk ini. Sekitar 4 tahunan, mungkin ini tahun kelima aku betah pakai produk ini. Dan awal perkenalan dengan produk ini ketika aku benar-benar putus asa melihat kulit wajahku yang rusak karena jerawat meradang.
Aku gak main-main ketika mengatakan wajahku mengerikan sekali saat itu. Jerawat yang tumbuh di pipi membuat aku kehilangan percaya diri. Untuk menatap lawan bicaraku saja, aku gak berani. Aku bahkan gak berani memposting foto yang sempat aku ambil bersama teman-temanku. Hanya berani menyimpan dalam folder di…